Sabtu, 03 Maret 2012

Taman Sari

Siapa sih yang gak tau Taman Sari ? pasti semua pada tahu dong Taman Sari. Kalau begitu yuk kita belajar silsilah Taman Sari itu ada apa aja :)

Istana Air Taman Sari yang terletak disebelah barat kraton Yogyakarta itudalah suatu kompleks istana yang sebenarnya terdiri dari beberapa bangunan (tidak semua bangunan ini berada di dalam air) dan lokasinya masih di dalam lingkungan Keraton Ngayogyakarta. Istana Air Taman Sari atau orang sekitar sering  menyebut Taman Sari ini sering dibanding- bandingkan dengan Kebun Raya Bogor.

Taman Sari ini memilik mempunyai banyak versi tentang asal mulanya hlo, salah satu versinya ketika masa dimana setelah adanya Perjanjian Giyanti, keraton yang digunakan sebagai pusat pemerintahan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dibangun oleh Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sultan Hamengku Buwana I. Tidak puas dengan  hanya membangun keraton Sultan Hamengku Buwana I kembali membangun keraton ditengah sumbu imajinier yang membentang antara Gunung Merapi dan Pantai Parangtritis. Acuan yang digunakan adalah sebuah mata air atau orang setempat sering menyebutnya umbul. Demak Tegis seorang arsiek kebangsaan Portugis diperintahkan oleh Sultan Hamengku Buwana untuk membangun sebuah istana di umbul yang letaknya kurang lebih 500 meter selatan keraton. Demak Tegis tidak sendiri dalam membangun istana itu dia dibantu oleh Bupati Madiun yang bertugas sebaga mandor . Istana yang indah dan dikelilingi danau buatan atau disebut segaran ini ditambah dengan wewangian dari bunga- bunga yang sengaja ditanam di pulau buatan disekitarnya itu sekarang lebih dikenal dan dinamakan Istana Air Taman Sari atau Taman Sari.

Nah, uda tau silsilah Taman Sari sekarang kita jelajahi apa saja yang ada di Taman Sari J .Taman Sari itu mempunya 4 bagian, yuk kita pelajari tiap bagian yang ada di Taman Sari.

Kita awali dengan Bagian Pertama, bagian ini sering disebut bagain utama. Bagian ini terdiri dari sebuah danau buatan yang orang setempat sering menyebutnya Segaran dan ada juga bangunan ditengahnya serta taman dan kebun yang tepat berada disekitar danau buatan tersebut. Sekarang danau buatan tersebut uda gak berfungsi semestinya melainkan sekarang tlah menjadi pemukiman padat yang sering disebut kampung taman.

Nah, ditengah- tengah segaran tadi ada sebuah pulau buatan atau yang dikenal Pulo Kenongo. Pulo ini ditanami pohon kenanga dan diatas pulau tersebut didirikan sebuah gedung berlantai dua atau Gedhong Kenongo. Gedhong terbesar ini bagian pertama yang cukup tinggi, dari anjungan tertingginya kita bisa hlo mengamati Keraton Yogyakarta sampai juga ke luar benteng Baluwati. Kalau kalian belum tau Gedhong ini seperti mengambang di atas air makanya sering disebut Istana Air, tapi sayang sekarang bangunan ini tinggal puing-puingnya saja.

Disebelah selatan Gedhong Kenongo ini ada sebuah Tajug yang merupakan ventilasi udara bagi terowongan bawah air. Ada juga Pulo Cemethi yang konon digunakan sebagai tempat bersemedi Sultan dan ada juga Sumur Gumuling yang bangunanya berbentuk lingkaran seperti cincin, dulu Sumur Gumuling ini difungsikan sebagai Masjid.

Habis mengetahui apa saja yang di bagian pertama Taman Sari, masih ada bagian- bagian lain yang menarik di Taman Sari. Kalau kalian pingin lebih tau tentang Taman Sari maka berkunjunglah kalian kesana.

Berapa sih masuk Taman Sari ? terus hari apa saja ?
Tenang masuk kawasan Taman Sari gak harus ngeluarin uang banyak kok.

Alamat : Jl. Taman, Kraton, Yogyakarta 55133 Indonesia
Jam Buka : Senin- Minggu, pukul 09.00- 15.30 WIB
Tiket :
  • Wisatawan Domestik : Rp. 3000
  • Wisatawan Mancanegara : Rp. 7000
  • Guide: nego (Rp.10.000- Rp. 20.000)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More